| PROFIL

Home | Profil

| D4 Animasi

SEJARAH

Program Studi D4 Animasi berdiri pada tahun 2022, sebelumnya program studi ini bernama program studi D3 Game Animasi berdiri pada tahun 2008 dengan SK Pendirian Program Studi no 970/DT/2008 tertanggal 8 April 2008 oleh Dr. Fasli Jalal,PhD. (Dirjen Dikti, Dep. Pendidikan dan Kebudayaan) dan berada di bawah satu atap dengan Departemen Seni dan Desain. Sejalan dengan kebutuhan lapangan, maka sejak tahun 2011 nama Program Studi D3 Game Animasi dirubah menjadi Program Studi Animasi, sesuai SK Rektor no. 11/KEP/H32/2011. Program Studi D3 Animasi telah mendapat pengakuan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2013 bernomor 040/SK/BAN-PT/Ak-XII/DplIII/II/2013 Program Studi Animasi memiliki peringkat Akreditasi B.

 

Kurikulum Program Studi D3 Animasi tahun 2015 mengembangkan kurikulum prodi KBK tahun 2013 berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012. Pengembangan KBK berbasis KKNI D3 Animasi JSD FS UM ini dimaksudkan agar D3 Animasi dapat mempersiapkan lulusannya sesuai dengan tantangan zaman, kebutuhan pengguna lulusan, serta ketentuan perundangan yang berlaku (Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010, Pasal 97 dan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012). Disamping itu pengembangan KBK berbasis KKNI ini juga dimaksudkan agar kurikulum D3 Animasi baik secara konsep maupun pengimplemen-tasiannya menjadi lebih berkualitas, inovatif, efisien, dan efektif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan.

Visi Program Studi

Visi Program Studi adalah menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam pengembangan ilmu non kependidikan dalam bidang animasi dan media terapan seperti multimedia dan desainer visual game pada tahun 2018 khususnya unggul dalam visualisasi animasi dan media terapan 3 Dimensi berbasis konten lokal serta peduli terhadap nilai kemanusiaan.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang terarah pada visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  3. Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

Tujuan Program Studi

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan tiga butir tujuan berikut.

  1. Bidang Pemerataan dan Perluasan Akses
  2. Pengembangan Prodi dalam bidang pemerataan dan perluasan akses bertujuan berikut.
  3. Mengembangkan program pendidikan vokasi dan profesi yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  4. Meningkatkan daya tampung mahasiswa.
  5. Memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomis.
  6. Memperluas jangkauan layanan pembelajaran dengan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  7. Meningkatkan jumlah dan mutu kerjasama dengan lembaga pendidikan, industri profesional, dan pemerintah daerah.
  8. Membangun forum alumni dan meningkatkan peran serta alumni dalam pengembangan Prodi D3 Animasi.
  9. Membangun jaringan masyarakat pengguna untuk perluasan permintaan alumni.
  10. Bidang Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing
  11. Pengembangan Prodi Animasi dalam bidang peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing bertujuan berikut.
  12. Meningkatkan mutu masukan mahasiswa.
  13. Meningkatkan mutu dosen terutama mewujudkan visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  14. Meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  15. Meningkatkan hubungan kegiatan akademik antara dosen dengan mahasiswa, maupun pihak luar.
  16. Meningkatkan dana pendidikan melalui block grant, kerjasama, dan short course
  17. Meningkatkan mutu dan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
  18. Meningkatkan relevansi kurikulum bidang studi dengan masyarakat pengguna khususnya bidang industri game dan animasi.
  19. Meningkatkan mutu pembinaan intrakurikuler dan kegiatan kemahasiswaan.
  20. Meningkatkan karya penelitian yang bermutu ilmu nonkependidikan bidang game dan animasi.
  21. Meningkatan aktivitas, produktivitas, dan publikasi ilmiah khususnya berbasis visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  22. Meningkatkan aktivitas kreasi dan responsi seni dan desain yang berkualitas.
  23. Membudayakan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya Dosen dan Mahasiswa.
  24. Meningkatkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta meningkatkan komitmen sosial.
  25. Mengamalkan dan merealisasikan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
  26. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas tenaga kependidikan melalui sertifikasi dan pendidikan profesi dosen.
  27. Meningkatkan kualitas lulusan Prodi Animasi.
  28. Bidang Penguatan Tatakelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik
  29. Pengembangan Prodi Animasi dalam bidang penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik bertujuan berikut.
  30. Menguatkan kapasitas kelembagaan dan keorganisasian.
  31. Menguatkan kapasitas dan kompetensi aparat.
  32. Menguatkan sistem penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  33. Menguatkan penataan dan pengelolaan sarana dan prasarana.
  34. Menguatkan penataan pola pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.
  35. Menguatkan sistem manajemen sumber daya manusia.
  36. Menguatkan mutu pengelolaan program perkuliahan.
  37. Menguatkan pencitraan publik melalui kontribusi nyata pengamalan ilmu kependidikan dan nonkependidikan bidang seni dan desain.
  38. Meningkatkan citra dan layanan publik melalui berbagai media.
  39. Meningkatkan citra melalui peran alumni